Otorita IKN Fasilitasi UMKM Lokal Jual Produk di Hotel Bintang  5

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) terus membina UMKM khususnya di Kecamaatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)

UMKM – Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alimuddin saay meninjau UMKM beberapa waktu lalu. TITIKNOL.ID/HO

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) terus membina UMKM khususnya di Kecamaatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alimuddin menjelaskan, meskipun dilakukan pembinaan terhadap UMKM namun mereka tetap harus terus mengasah diri, karena merupakan salah satu tulang punggung perekonom di Indonesia.

“Mengasah diri dalam artinya meningkatkan kualitas produk yang lebih penting adalah keberlanjutan sebuah produk,” ujarnya.

Alimuddin mengungkapkan, sejumlah produk UMKM masyarakat lokal IKN  juga sudah dimasukan ke hotel-hotel bintang lima.

Hal ini karena hotel juga memiliki kewajiban untuk memberdayakan UMKM.

“Jadi harus bersama-sama kita berkolaborasi untuk pembangunan masyarakat khususnya di IKN.

Selain itu jika masyarakat IKN tidak berbuat untuk maju hari ini, kita khawatir mereka menjadi orang yang ketinggalan di sebuah perjalanan transformasi IKN,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah membuka tempat konsultasi bagi pelaku UMKM dan sekaligus membantu mereka untuk mendaftarkan produk-produk UMKM mereka.

“Staf kami juga membantu tata cara membuat Nomor Induk Berusaha (NIB), izin edar pangan olahan atau SPP-IRT dan MD-BPOM, Halal, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Badan Usaha atau hukum, GMP,ISO serta HACCP dan lain-lain,” urainya.

Ia mengungkapkan, beberapa waktu lalu sejumlah ibu-ibu pernah mengikuti program Pelatihan Coding Mum, sehingga mereka melek teknologi dan bisa berusaha sendiri di rumah menggunakan teknologi internet. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *