News google
Penajam

Seribu Bidang Tanah Pemkab PPU akan Diusulkan Sertifikasi Melalui PTSL

×

Seribu Bidang Tanah Pemkab PPU akan Diusulkan Sertifikasi Melalui PTSL

Sebarkan artikel ini

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), akan melakukan sertifikasi lahan milik pemerintah daerah

SERTIFIKASI – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perkimtan PPU, Nicko Herlambang menjelaskan, sertifikasi lahan milik Pemkab PPU ini harus segera dilakukan karena masih ada ribuan bidang tanah yang belum memiliki sertifikat. TITIKNOL.ID/HO

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), akan melakukan sertifikasi lahan milik pemerintah daerah.

Sertifikasi lahan milik Pemkab PPU ini akan diusulkan melalui program Pendaftaran Tanah Lintas Sektor (PTSL) di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perkimtan PPU, Nicko Herlambang menjelaskan, sertifikasi lahan milik Pemkab PPU ini harus segera dilakukan karena masih ada ribuan bidang tanah yang belum memiliki sertifikat.

“Kami rencana akan usulkan seribu bidang tanah untuk masuk program PTSL,” jelasnya.

Ia mengatakan, pengajuan sertifikat PTSL ini diharapkan bisa lebih memudahkan dan membantu pemerintah dalam menata administrasi pertanahan.

Namun demikian, Nicko menyatakan pengajuan sertifikasi lahan melalui program PTSL ini bisa terlaksana dengan bekerja sama dengan OPD lain.

Ia mencontohkan sertifikasi lahan sekolah dasar harus bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).

Karena aset SD tersebut merupakan kewenangan dari Disdikpora.

“Tinggal nanti data aset itu diserahkan kepada Perkimtan untuk diajukan sertifikasi melalui program PTSL,” katanya. (Advertorial)