News google
Olahraga

TERBARU Penjelasan Kemenpora dan MNC Group soal Aturan Nobar Indonesia Vs Uzbekistan Semifinal Piala Asia U-23 2024

×

TERBARU Penjelasan Kemenpora dan MNC Group soal Aturan Nobar Indonesia Vs Uzbekistan Semifinal Piala Asia U-23 2024

Sebarkan artikel ini

ramai membahas soal larangan pelaksanaan nonton bareng atau nobar Indonesia Vs Uzbekistan

TITIKNOL.ID – Media sosial X, dulunya Twitter, ramai membahas soal larangan pelaksanaan nonton bareng atau nobar Indonesia Vs Uzbekistan di Piala Asia U23 2024 nanti malam, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB, yang dikeluarkan MNC Group.

Salah satunya diunggah oleh @GIBOLresmi pada Sabtu (27/4/2024).

Dalam unggahan tersebut, MNC Group adalah satu-satunya pemegang hak eksklusif Piala Asia U23 2024 di Indonesia.

Oleh sebab itu, disebutkan bahwa MNC Group melarang penggunaan siaran Piala Asia U23 2024 tanpa persetujuan mereka.

Ada 7 larangan yang dikeluarkan, salah satunya kegiatan nobar.

“Berdasarkan hal-hal tersebut, maka tanpa persetujuan dari MNC Group, kepada pihak manapun juga dilarang menyelenggarakan kegiatan on air, kegiatan off air termasuk nonton bareng,” tulis poin 6.

MNC bakal melayangkan ancaman sanksi pidana dan denda sesuai undang-undang bagi siapapun yang melanggar aturan tersebut.

Lantas, benarkah masyarakat dilarang nobar Indonesia Vs Uzbekistan?

Edaran larangan nobar Indonesia vs Uzbekistan oleh MNC Group.(Tangkapan layar akun X @GIBOLresmi)
Edaran larangan nobar Indonesia vs Uzbekistan oleh MNC Group.(Tangkapan layar akun X @GIBOLresmi)

Penjelasan Kemenpora

Berkaitan dengan beredarnya informasi bahwa MNC Group melarang kegiatan nobar Indonesia Vs Uzbekistan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) buka suara.

Sekretaris Kemenpora Gunawan Suswantoro menyampaikan, masyarakat tetap bisa menggelar acara nobar Indonesia Vs Uzbekistan asalkan tidak dikomersialkan.

“Kemenpora mendukung segala inisiasi nobar yang dilakukan sejumlah pemerintah daerah untuk mengakomodasi keinginan dan semangat Indonesia dalam mendukung Timnas Garuda sepanjang hal tersebut tidak dikomersialkan. Sekali lagi sepanjang hal tersebut tidak dikomersialkan,” ungkapnya, dikutip dari keterangan video Kompas.com, Senin (28/4/2024) malam.

Bahkan, pemerintah melalui Kemenpora juga bakal menggelar nobar untuk menunjukkan dukungan kepada Timnas Garuda Muda yang berlangsung di Auditorium Wisma Kemenpora pada Senin (21/4/2024) pukul 19.00 WIB.

Baca Juga:   UPDATE Gerhana Matahari 8 April 2024: Berikut Jadwal, Durasi, dan Lokasi yang Terdampak

Gunawan mengatakan, capaian Skuad Garuda Muda ke babak semifinal Piala Asia U23 2024 patut didukung agar bisa meraih target yang lebih tinggi lagi, yaitu Olimpiade Paris tahun ini.

Aturan nobar Indonesia vs Uzbekistan

Sementara itu, Corporate Secretary MNC Group, Syafril Nasution membantah bahwa pihaknya mengeluarkan larangan nobar Indonesia vs Uzbekistan pada Senin (29/4/2024) malam.

“Di sini kami ingin meluruskan bahwa setiap penyelenggara yang ingin melakukan nobar sebaiknya melakukan pendaftaran ke MNC Group,” kata dia, masih dari sumber yang sama.

Aturan itu dikeluarkan lantaran MNC Group menemukan pihak-pihak yang menyalahgunakan hak siar eksklusif Piala Asia U23 2024 milik MNC Group berupa pengadaan nobar dengan memungut biaya.

“Nobar dipersilakan asalkan tidak komersial,” ujar dia.

Komersial dalam hal ini, kata Syafril, adalah memungut biaya kepada penonton nobar yang hadir atau menerima sponsor dan iklan dari pihak lainnya.

Oleh sebab itu, MNC Group mengimbau kepada pihak penyelenggara nobar untuk mendaftar ke MNC Group.

“Nanti bagi para pihak yang ingin melakukan nobar, kami akan berikan link pada saat pendaftaran sehingga kami bisa melihat atau memonitor siapa-siapa saja,” tutur dia.

Sementara itu, Direktur Programming RCTI, Dini Aryanti Putri memastikan bahwa pendaftaran penyelenggaraan nobar tidak dipungut biaya alias gratis.

“Permintaan untuk nobar sifatnya gratis, ini informasi yang perlu disampaikan. Kami berharap timnas semakin baik, suatu saat timnas di Piala Dunia akan lebih ketat aturannya,” tandas dia. (*)