Titiknol IKN

Progres 12 Tower Rusun ASN-Hankam di IKN Bakal Jadi dan Digunakan Bulan Juli

×

Progres 12 Tower Rusun ASN-Hankam di IKN Bakal Jadi dan Digunakan Bulan Juli

Sebarkan artikel ini

Sebanyak 12 tower rumah susun (rusun) untuk ASN-Hankam di Ibu Kota Nusantara (IKN) ditargetkan selesai pada Juli 2024.

TITIKNOL.ID – Sebanyak 12 tower rumah susun (rusun) untuk ASN-Hankam di Ibu Kota Nusantara (IKN) ditargetkan selesai pada Juli 2024.

Saat ini, progres pembangunan 12 rusun ASN-Hankam tersebut sudah sekitar 60-70%.

“Tetap saya konsisten 12 rusun (ASN-Hankam) Juli selesai insyaallah,” tutur Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga keawak media di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024).

Danis optimistis 12 rusun tersebut akan selesai dibangun lengkap dengan berbagai furniture di dalamnya pada Juli mendatang.

Selanjutnya, pada bulan September-Oktober akan ada total 21 rusun ASN-Hankam yang sudah selesai, lalu pada Desember 2024 semua rusun ASN-Hankam yang memiliki total 47 tower selesai dibangun.

Terkait progres pembangunan rusun ASN-Hankam, Danis mengungkapkan secara keseluruhan sudah 40%.

Namun, untuk 12 Rusun ASN-Hankam yang ditargetkan selesai bulan Juli mendatang sudah sekitar 70%.

“Secara rata-rata keseluruhan 40%, tapi mungkin yang 12 (tower) itu sudah 60-70%,” ungkapnya.

Saat ini, terdapat 6 rusun yang terkontrak. Progres dari 6 rusun tersebut per 9 Mei 2024 yaitu sebagai berikut:

– Pembangunan rusun Polri dan BIN: 47,3%

– Pembangunan rusun ASN 1: 38,8%

– Pembangunan rusun ASN 2: 32,2%

– Pembangunan rusun ASN 3: 35,8%

– Pembangunan rusun ASN 4: 42,5%

– Pembangunan rusun Paspampres: 42,9%

Danis menjelaskan, progres pembangunan rusun ASN-Hankam memang berbeda-beda setiap towernya, karena ada beberapa yang menjadi prioritas untuk mengejar total 12 rusun ASN-Hankam selesai pada Juli 2024.

Misalnya, pada rusun ASN 4 ada 5 tower yang menjadi prioritas untuk selesai dikerjakan, rusun Paspampres ada 3 tower yang menjadi prioritas, rusun ASN 2 ada 1 tower yang menjadi prioritas, dan rusun ASN 1 ada 3 tower yang menjadi prioritas.

Baca Juga:   Pembangunan IKN Nusantara Mulai Serap Lulusan SMKN 2 PPU

“Rusun ASN kalau ditanya progres, misalnya kita lihat rusun ASN Paspampres dulu. Itu kan sekitar 43%, terlambat sedikit 0,5%, itu kan seolah-olah itu tuh masih jauh nggak? Kita mesti lihat, dia itu bertanggung jawab 9 (rusun) secara keseluruhan rata-rata semuanya 43%, tapi kita dahulukan 2 atau 3 (rusun), nah ini progresnya lebih tinggi. Tapi kalau sembilan-sembilannya, baru 43%-an,” ujar Danis.

Rusun ASN-Hankam akan Dipakai Petugas Upacara 17 Agustus 2024Setelah 12 rusun ASN-Hankam selesai dibangun, nantinya akan digunakan oleh para petugas upacara pada tanggal 17 Agustus 2024.

Danis mengatakan, nantinya di dalam rusun ASN-Hankam akan dilengkapi oleh beberapa perabotan yang esensial, serta sudah dialiri air dan listrik.

“Paling nggak tempat tidur sama kursi sementara, mininum. Area dapur sudah lengkap, ada kompornya bisa dipakai,” ungkapnya.

Selain itu, untuk area kamar mandinya juga sudah dilengkapi dengan toilet serta shower.(*)