News google
Titiknol IKN

Otorita Ajak Pemprov Kaltim Terlibat  Perencanaan dan Pembangunan di Ibu Kota Nusantara

×

Otorita Ajak Pemprov Kaltim Terlibat  Perencanaan dan Pembangunan di Ibu Kota Nusantara

Sebarkan artikel ini

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengajak Pemerintah Provinsi Kaltim untuk terlibat dalam perencanaan dan pembangunan di IKN

MoU – Zoom meeting yang digelar Otorita IKN, Sekda Sri Wahyuni menegaskan sangat setuju atas usulan tim Otorita IKN agar penandatanganan MoU kedua pihak dilakukan saat groundbreaking di kawasan IKN awal Juni nanti. TITIKNOL.ID/HO/HUMASPROV KALTIM

TITIKNOL.ID,SAMARINDA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengajak Pemerintah Provinsi Kaltim untuk terlibat dalam perencanaan dan pembangunan di IKN.

Hal ini akan dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) bidang pembangunan yang akan ditandatangani saat groundbreaking yang juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Kepastian MoU masih dibahas secara berjenjang antara Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Hali dengan Pemprov Kaltim yang dipimpin Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni.

Ketika zoom meeting yang digelar Otorita IKN, Sekda Sri menegaskan dirinya sangat setuju atas usulan tim Otorita IKN agar penandatanganan MoU kedua pihak dilakukan saat groundbreaking di kawasan IKN awal Juni nanti.

“Setuju, momentumnya lebih pas saat groundbreaking yang juga dihadiri Presiden RI,” kata Sekda Sri Wahyuni saat  zoom meeting didampingi Kepala Biro PPOD Setda Provinsi Kaltim Siti Sugiyanti dari lobby Hotel Grand Jatra Balikpapan, Selasa (28/5/2024)

Baginya, penandatanganan MoU di IKN sebagai bukti komitmen bersama akan lebih kuat.

Ia menambahkan, di dalam kerja sama ada beberapa poin yang dapat mendukung Pemprov Kaltim agar bisa berkontribusi untuk IKN.

“Apa yang menjadi kerangka pelayanan terpadu dan masyarakat. Itu semua dapat diwujudkan melalui kerja sama ini. Prinsipnya adalah inisiasi kita bersama,” jelasnya.

Harus Dibentuk Forum Pembangunan

Sekda Kaltim Sri Wahyuni mengaku sebelumnya sudah melakukan kesepakatan terkait pengadaan lahan, sedangkan kesepakatan kali ini terkait perencanaan dan pembangunan.

“Ke depan perlu adanya wadah untuk membangun sinergi antara Kaltim dengan IKN,” sambungnya.

Baca Juga:   Mendagri Optimistis HUT RI Tahun Ini Digelar di Ibu Kota Nusantara

Wadah dimaksud itu bisa berbentuk forum, seperti forum pembangunan, sehingga, ketika ada persoalan, maka forum dan kesepakatan ini menjadi payung hukum untuk menyelesaikan permasalahan itu.

“Jadi, kita tidak perlu lagi menunggu mandat dari pusat agar Pemprov Kaltim bersurat lagi. Tapi, kita bisa memangkas itu,” tegasnya. (*)