Titiknol IKN

Industri Daerah Penyangga di Kaltim jadi Andalan untuk IKN Nusantara, Akmal Malik Berkaca pada Jakarta

×

Industri Daerah Penyangga di Kaltim jadi Andalan untuk IKN Nusantara, Akmal Malik Berkaca pada Jakarta

Sebarkan artikel ini
IBU KOTA NUSANTARA - Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik saat hadir dalam podcast YouTube Helmi Yahya Bicara bertema "Serius IKN Jadi Ibu Kota Baru Indonesia?" pada 17 Mei 2024. Dirinya yakin masa depan kemajuan Indonesia berada pada IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Posisinya yang strategis di tengah-tengah akan memberi dampak positif untuk pemerataan ekonomi ke daerah-daerah lain di Indonesia. (YouTube Helmi Yahya Bicara)

TITIKNOL.ID, NUSANTARA – Daerah penyangga Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur di masa mendatang akan jadi andalan untuk penopang atau pelengkap segala kebutuhan masyarakat yang ada di Ibu Kota Nusantara. 

Hal ini disampaikan oleh Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik saat hadir dalam podcast YouTube Helmi Yahya Bicara bertema “Serius IKN Jadi Ibu Kota Baru Indonesia?” pada 17 Mei 2024. 

Ibu Kota Negara Indonesia dipindah dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Diberinama Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara.

Saat ini tengah digencarkan pembangunan di IKN Nusantara, satu di antaranya infrastruktur dasar. 

Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, menyatakan, hadirnya Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur akan mendorong ekonomi di Kalimantan Timur. 

Karena itu perlu ada semangat untuk membangun industri di Kalimantan Timur. Saat ini mulai terus dimatangkan, digencarkan ke arah industrialisasi di daerah penyangga Ibu Kota Nusantara. 

Nantinya industri ini jadi tempat pengolahan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 

“Sekarang kalau kota industri di Kaltim sudah ada, sebuat saja ada Balikpapan, Bontang,” ungkapnya. 

Mendatang akan terus mulai dilebarkan seperti di antaranya ke Kota Samarinda, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser. “Sangatta juga ya. Itu di Kabupaten Kutai Timur,” ujar Akmal Malik. 

Melihat gambaran Kota Jakarta yang maju dan sebagai lokasi Ibu Kota Negara tidak terlepas dari peran penting dari daerah penyangganya. 

“Jakarta didukung sama daerah lain, kita lihat ada Cikarang Bekasi, itu jadi penopang ibu kota negara,” kata Akmal Malik, yang lahir di Pulau Punjung, Sumatera Barat ini. 

Butuh untuk Gantikan Pertambangan

Kali ini posisi Kalimantan Timur butuh industri yang maksimal. Kalimantan Timur harus membuat industri sebagai pengganti pertambangan. Karena itu butuh keterbukaan terhadap investor dari berbagai penjuru. 

Baca Juga:   Presiden Groundbreaking Gedung II Universitas Gunadarma, Jokowi: Penting Pendidikan di IKN

“Butuh investor juga dari luar. IKN nanti dalam waktu 4 sampai 5 tahun ke depan butuhkan bahan-bahan, pastinya yang memasok dari daerah penyangga. Ada Balikpapan, Samarinda, Penajam, jadi pendukungnya,” beber Akmal Malik. 

Bagi Akmal Malik, masa depan Indonesia itu ada di bagian timur. Bila sekarang ini Indonesia bagian barat dikatakan sudah lebih maju itu adalah sebuah fakta. Tetapi kini arah pembangunan ke timur, demi terciptanya pemerataan ke berbagai lini di Indonesia. 

“Memang tidak mudah membangun area timur. Kebijakan ada IKN sangat tepat sekali, meski butuh proses,” tegas pria berkacamata ini. (*)