Penajam

Pengembangan Koleksi Perpustakaan

60
×

Pengembangan Koleksi Perpustakaan

Sebarkan artikel ini

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Penajam Paser Utara (PPU), menggelar magang dan pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah yang digelar 3-7 Juni. TITIKNOL.ID

Catatan: Rusmini (2)

PERATURAN KEPALA PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 2017 TENTANG STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH

Pasal 2 Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah sebagaimana dimaksud

dalam Pasal 1 mencakup standar koleksi perpustakaan; Koleksi Perpustakaan, Jenis koleksi Koleksi perpustakaan

meliputi :

1) karya cetak (buku teks, buku penunjang kurikulum, buku bacaan, dan buku referensi);

2) terbitan berkala (majalah, surat kabar); dan

3) audio visual, rekaman suara, rekaman video, sumber elektronik.

Jumlah koleksi

1) Perpustakaan memperkaya koleksi dan menyediakan bahan perpustakaan dalam berbagai bentuk media dan format paling sedikit:

a) menyediakan koleksi buku teks wajib dalam jumlah yang mencukupi untuk melayani semua peserta didik dan pendidik.

b) buku pengayaan dengan perbandingan 60% nonfiksi dan 40% fiksi, dengan ketentuan bila 1 s.d. 6 rombongan belajar jumlah buku sebanyak 1.000 judul, 7 s.d. 12 rombongan belajar jumlah buku sebanyak 1.500 judul, 13 s.d. 24 rombongan belajar jumlah buku sebanyak 2.000 judul.

2) Perpustakaan menambah koleksi buku per tahun dengan ketentuan semakin besar jumlah koleksi semakin kecil persentase penambahan koleksinya (1.000 judul penambahan sebanyak 10%; 1.500 judul penambahan sebanyak 8%; 2.000 judul sampai dan seterusnya penambahan sebanyak 6%).

3) Perpustakaan melanggan paling sedikit 1 (satu) judul majalah dan 1 (satu) judul surat kabar.

Bahan perpustakaan referensi Koleksi referensi paling sedikit meliputi kamus bahasa Indonesia, kamus bahasa daerah, kamus bahasa asing, ensiklopedi, direktori, atlas, peta, biografi tokoh, dan kitab suci.

KEP. KA. PERPUSNAS RI NO. 300 TAHUN 2022 TENTANG INSTRUMEN AKREDITASI PERPUSTAKAAN SD/MI

Baca Juga:   Sosialisasi Logo dan Tagline Serambi Nusantara, Nicko: Ingat IKN Ya Ingat PPU

1. Kebijakan Pengembangan Koleksi tertulis yang disahkan oleh pihak yang berwenang mencakup:

1) Kriteria seleksi bahan perpustakaan

2) Jenis dan jumlah koleksi yang harus dimiliki

2. Jumlah kegiatan survei kebutuhan pemustaka yang dilakukan oleh perpustakaan dalam 3 (tiga)

tahun terakhir

3. Jumlah koleksi buku tercetak (buku teks, buku pengayaan, dan buku referensi)

4. Jenis koleksi referensi yang dimiliki (kamus, ensiklopedia, bibliografi, katalog, indeks, direktori,

handbook/manual, statistik, atlas, globe, dll.)

5. Jumlah terbitan berkala (koran, tabloid, majalah, dll) yang dilanggan atau diterima secara rutin

6. Koleksi khusus karya pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik (kliping, karya tulis,

kumpulan foto, dll) yang dimiliki

7. Persentase jumlah penambahan koleksi rerata per tahun (dalam judul) dalam 3 (tiga) tahun terakhir

8. Jumlah koleksi buku elektronik yang dimiliki perpustakaan

9. Jenis kebijakan tertulis dalam pengorganisasian koleksi Perpustakaan yang dimiliki: 1) Pedoman

pengolahan 2) SOP Pengolahan 3) Alur kerja pengolahan 4) Form/ worksheet yang dimiliki 5) Manual

sistem pengatalogan

12. Penyiangan (weeding) koleksi perpustakaan

11. Cacah ulang (stock opname) koleksi perpustakaan dilakukan secara regular

10. Penerapan standar/pedoman dalam pengorganisasian koleksi; (1) deskripsi bibliografi, (2) klasifikasi, (3) tajuk subjek Jenis koleksi perpustakaan:

1) Monograf 2) Serial 3) Kartografi 4) Audio Visual 5) Sumber bahan elektronik 6) Braille 7) Literature kelabu 8) Alat Permainan Edukatif (APE)

13. Kegiatan pelestarian (perawatan dan perbaikan kerusakan) koleksi secara preventif dan kuratif seperti 1) Pengaturan lingkungan meliputi: pencahayaan, kebersihan, kelembaban 2) Perbaikan koleksi rusak (perbaikan menambal, menjilid kembali) 3) Pelestarian koleksi dan isi antara lain: meletakkan kapur barus, silica gel, dan alih media 4) Penyampulan buku 5) dan lain-lain. (Advertorial/Bersambung)