TitiknolKaltara

Tren Belanja Online di Kaltara Cukup Fenomenal

×

Tren Belanja Online di Kaltara Cukup Fenomenal

Sebarkan artikel ini
Pelaku UMKM memfoto produknya untuk dijual di platform daring. NET

TITIKNOL.ID, TANJUNG SELOR – Banyak fenomena mendukung tumbuhnya ekonomi Provinsi Kaltara di triwulan III 2022.

Trino Junaidi, Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Kaltara menyebut berkembangnya marketplace melaui media sosial seperti Instagram, jual beli platform Facebook, WhatsApp, dan lainnya mendorong tumbuhnya sektor perdagangan di provinsi ini.

“Seiring juga digaungkannya era digital dan kemudahan transaksi melalui Qris yang saat ini mulai dicanangkan di Kaltara ikut mendorong tumbuhnya kategori perdagangan secara yoy,” ujarnya, Senin 7 November 2022.

Pertumbuhan berbagai komoditas seperti perikanan dan pertambangan yang diiringi meningkatnya permintaan pasar, memicu tumbuhnya kategori perdagangan triwulan III dibanding triwulan II.

“Hanya saja, sektor konstruksi mengalami kontraksi -3,33. Berdasarkan cukup data dari Asosiasi Semen Indonesia (ASI) pengadaan semen di Kaltara kontraksi sebesar 17,34 persen,” ujarnya.

Adapun industri pengolahan menurut Trino perlu terus didorong pertumbuhannya dari 3,03 persen secara yoy. Hasil Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga Triwulanan (SKKRT) Kaltara menunjukkan peningkatan produksi makan minum yang didorong banyaknya event sepanjang Agustus hingga September 2022.

“Industri kertas juga dan percetakan juga sudah mengalami pertumbuhan. Kita ingat tahun lalu kegiatan belajar mengajar masih daring, sebagian tatap muka. Berbeda saat ini, sudah dilakukan secara tatap muka keseluruhan,” ujarnya.

Secara tahunan pula, permintaan alat angkut atau moda transportasi juga meningkat pasca COVID-19 selama dua tahun terakhir.

“Banyak pelaku usaha yang menambah alat angkutnya usai membludaknya penumpang selama Idulfitri dan Iduladha 2022 dibandingkan 2021,” sebutnya.

Ia merinci, penumpang Damri triwulan III 2022 naik hingga 78,3 persen dibandingkan triwulan yang sama di 2021. Begitu juga penumpang speedboat naik 39,03 persen.

“Secara yoy, pengiriman barang antar kabupaten maupun lintas provinsi meningkat. Pemenuhan kebutuhan dengan belanja daring telah menjadi alternatif yang diminati warga. Kemudahan dan persaingan harga yang signifikan menjadikan belanja daring lebih menarik sehingga jasa pengiriman terus mengalami peningkatan,” ujarnya.

Baca Juga:   Perusahaan Pembiayaan Paling Diminati  di Kaltara 

Untuk diketahui, lapangan usaha pergudangan dan transportasi Kaltara triwulan III ini tumbuh 11,87 persen (yoy). *