TitiknolKaltara

Cegah Diklaim Negara Tetangga, Gubernur Kaltara Ajukan Perlindungan Budaya Lokal di Kemenkumham

×

Cegah Diklaim Negara Tetangga, Gubernur Kaltara Ajukan Perlindungan Budaya Lokal di Kemenkumham

Sebarkan artikel ini

Memakai topi khas Dayak, Gubernur Zainal A Paliwang ikut menari bersama warga pada Pesta Budaya Meja Panjang Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Rabu (4/1/2023). IST

TITIKNOL.ID, TANJUNG SELOR – Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang menyebut baru saja bertemu jajaran Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Ia ingin memastikan segala tradisi dan adat istiadat di Kaltara mendapatkan perlindungan negara. 

“Untuk menjaga supaya jangan ada negara lain mengklaim bahwa kegiatan-kegiatan budaya ini milik mereka. Kita berupaya untuk meregistrasi seluruh potensi-potensi budaya misalnya batik, pakaian adat, dan kebudayaan lainnya akan kita daftarkan semua supaya dapat perlindungan negara. Saya sudah komunikasikan langsung dengan Dirjen Kekayaan Intelektual,” tutur Zainal di sela menghadiri Pesta Budaya Meja Panjang Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Rabu (4/1/2023).

Terhadap Pesta Budaya Meja Panjang Desa Pimping, Gubernur merespons tradisi ini dengan apresiasi tinggi karena masyarakat setempat mampu menjaga dan memelihara warisan budaya leluhur masyarakat Dayak khususnya. 

“Saya bersama Kadis Pariwisata bersama Bupati dan DPRD Bulungan sangat mendukung pelestarian tradisi kebudayaan yang turun temurun dari leluhur masyarakat Desa Pimping. Siapa lagi yang akan melestarikan, yang akan menjaga, dan menyiarkan kalau bukan dari masyarakat Desa Pimping ini,” ujarnya. 

Orang nomor satu di Kaltara itu menginginkan Pesta Budaya Meja Panjang Desa Pimping turut menjadi wadah silaturahmi dan pemersatu berbagai suku bangsa di Kaltara. 

Remaja putri membawakan tari-tarian khas Dayak pada Pesta Budaya Meja Panjang Desa Pimping, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Rabu (4/1/2023). IST/JOHAN

Selain itu ciri khas tradisi Meja Panjang Desa Pimping menurutnya menjadi daya pikat wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengunjungi Kaltara. 

“Karena dalam syukuran Meja Panjang menampilkan berbagai atraksi kesenian budaya dan kuliner lokal. Maka mari terus jaga kebersamaan dan melanjutkan langkah ini untuk turut memantapkan pemulihan ekonomi dan kesehatan mewujudkan Kaltara berubah, maju, dan sejahtera,” ujarnya. M04