Bulungan

Lahan sudah Siap, Bulungan segera Punya Kampus IAIN, Ini Lokasinya

×

Lahan sudah Siap, Bulungan segera Punya Kampus IAIN, Ini Lokasinya

Sebarkan artikel ini

Bupati Bulungan Syarwani menyambut (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI Muhammad Ali Ramdhani, Kamis 19 Januari 2023 di Tanjung Selor, Bulungan. HO

TITIKNOL.ID, TANJUNG SELOR – Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) bakal segera hadir di Bulungan.

Hal ini terungkap kala pertemuan Bupati Bulungan Syarwani dengan Direktur Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI Muhammad Ali Ramdhani, Kamis 19 Januari 2023 di Tanjung Selor, Bulungan.

Dalam pertemuan keduanya, Ali Ramdani menyebut rencana itu sudah dibicarakan juga sebelumnya dengan Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang.

Maka kehadiran IAIN di Bulungan bakal menjadi kebutuhan yang nyata. Karena telah disepakati untuk menyegerakan pembentukannya.

“Pembanguan gedungnya akan kita sepakati bersama setelah kesepahaman bersama itu utuh. Kita akan berbagi peran dan kita akan menyamakan persepsi tentang makna kehadiran IAIN ini,” tutur Ali Ramdhani.

Kementerian Agama RI segera melengkapi semua syarat pendirian IAIN.

“Maka kami minta dukungan dari seluruh masyarakat Kaltara, khususnya Bulungan dalam bersama-sama mendorong cita-cita kita semua agar IAIN ini dapat berdiri dan dapat menyelenggarakan pendidikan secara baik,” ujarnya.

Terkait anggaran pembangunan, Ali Ramdhani mengatakan belum dihitung secara detil.

“Tentunya akan disiapkan bersama. Namun dipastikan penganggaran rencana pembangunan perguruan tinggi keagamaan ini sudah termasuk grand design dari Pendis maupun dari Direktorat Dikdis,” ujarnya.

“Jadi secara administratif atau dokumen perencanaan sudah kuat, tinggal menata langkah-langkah ke depannya,” tambah Ali.

30 HEKTARE DI TANJUNG PALAS

Bupati Bulungan Syarwani menyebut daerah ini sangat siap dan menyambut baik rencana pendirian IAIN di Bulungan.

“Ini merupakan upaya, dan komitmen kita bersama dalam menyiapkan peningkatkan kualitas SDM di Bulungan,” ujar Syarwani.

Baca Juga:   KIHI dan PLTA bakal Terdampak Resesi? Begini Analisa Bank Indonesia

Pemkab Bulungan telah melakukan langkah-langkah pencadangan dengan luas lahan sekitar 30 hektare, dengan sebagian sudah diserahkan melalui Kemenag.

“Insya Allah nanti Kampus IAIN bakal berdiri di Kecamatan Tanjung Palas karena itu komitmen pemerintah daerah dalam upaya mendorong percepatan lahirnya IAIN di Bulungan,” jelasnya.

Dalam pertemuan itu Syarwani didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bulungan Risdianto, Kanwil Kemenag Kaltara H Saifi, Kepala Kemenag Bulungan H Muhammad Ramli. M04