TitiknolKaltara

17 Bakal Calon DPD Lolos Vermin, KPU Kaltara Tatap Verfak

×

17 Bakal Calon DPD Lolos Vermin, KPU Kaltara Tatap Verfak

Sebarkan artikel ini

TITIKNOL.ID, TANJUNG SELOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltara menyatakan 17 bakal calon anggota DPR RI memenuhi syarat hasil verifikasi administrasi atau vermin. 

Dengan begitu, KPU segera bergerak melaksanakan tahapan selanjutnya yaitu verifikasi faktual (verfak) pada 6-26 Februari 2023.

Untuk diketahui, pada Sabtu (4/2/2023) KPU Kaltara menggelar rekapitulasi hasil verifikasi administrasi perbaikan tahap pertama dokumen pemilih bakal calon anggota DPD dan pencuplikan sampel tahap pertama dukungan bakal calon anggota DPD.

Verifikasi faktual dilakukan untuk memastikan warga memberi dukungan kepada bakal calon sesuai dengan identitas kependudukan yang sebelumnya dimasukkan dalam kanal milik KPU RI yaitu Sistem Informasi Pencalonan (Silon) DPD. 

Sebelumnya, KPU menyatakan 9 dari dari 17 bakal calon anggota DPD memenuhi syarat minimal dukungan. Sisanya 8 orang melakukan perbaikan syarat dukungan hingga batas akhir pada 22 Januari 2023. 

“Alhamdulillah bakal calon yang sebelumnya belum memenuhi syarat dukungan, akhirnya dinyatakan memenuhi syarat setelah perbaikan hingga sampai pada tahap verifikasi administrasi,” kata Ketua KPU Kaltara Suryanata Al Islami, Sabtu (4/2/2023).

Untuk ke tahap verifikasi faktual, kemarin dan hari ini (5/2/2023) KPU Kaltara melakukan pencuplikan sampel dukungan diikuti Bawaslu, liaison officer bakal calon DPD, serta operator Silon. 

Verifikasi faktual yang akan dilaksanakan pada 6-26 Februari 2023 akan dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota dibantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di desa/kelurahan. 

KPU juga memberi masa perbaikan hasil verifikasi faktual jika terdapat dukungan yang belum memenuhi syarat. 

Suryanata mengatakan rekapitulasi hasil verifikasi faktual kedua akan dilaksanakan pada 8 April 2023. Adapun penetapan bakal calon yang memenuhi syarat dilaksanakan pada 17 April 2023. Adapun pendaftaran calon DPD dibuka pada 1 sampai 14 Mei 2023. (red)