Buruan 36 Perusahaan Buka 913 Lowongan Kerja di Job Fair PPU, Minimal Lulusan SMA/SMK

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar Fair Tahun 2023 yang akan digelar 24-25 Oktober di Graha Pemuda Penajam. Sebanyak 36 perusahaan akan membuka lowongan kerja bagi 913 lulusan minimal SMA/SMK

Seorang pencari kerja sedang mengikuti Job Fair yang digelar di Graha Pemuda Penajam Paser Utara. Sebanyak 36 perusahaan akan membuka lowongan kerja bagi 913 lulusan minimal SMA/SMK dan akan berlangsung hingga 25 Oktober. TITIKNOL.ID

TITIKNOL,ID,PENAJAM – Kabar gembiran bagi para pencari kerja di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar Fair Tahun 2023 yang akan digelar 24-25 Oktober di Graha Pemuda Penajam.

Sebanyak 36 perusahaan akan membuka lowongan kerja bagi 913 lulusan minimal SMA/SMK.

Job Fair ini dibuka Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun, Selasa, (24/10/2023).

Makmur Marbun mengatakan Job Fair memiliki nilai penting dan strategis untuk mempercepat penempatan tenaga kerja secara praktis, efisien dan efektif serta membantu pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan.

“Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya khususnya oleh masyarakat PPU,” kata Makmur Marbun.

Sejalan itu, dengan adanya Job fair, Pemkab PPU melalui melalui Disnakertrans terus berupaya untuk menurunkan jumlah angka pengangguran dan memberikan peluang-peluang pekerjaan bagi masyarakat di Kabupaten PPU dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.

Selanjutnya, Job Fair seperti ini juga harus terus dilakukan bahkan pemerintah daerah bertekad untuk terus mendorong terciptanya kesempatan kerja seluas-luasnya dan menempatkan tenaga kerja secara inklusif dengan menggandeng berbagai pihak.

“ Termasuk dengan adanya daya dukung melalui tempat-tempat pelatihan yang ada akan terus dimaksimalkan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans, Kuncoro mengatakan serapan jumlah pencari kerja di PPU tahun ini masih terbilang cukup rendah.

Dalam hal ini, Disnakertrans PPU menggelar bursa pencari kerja atau job fair 2023 agar jumlah yang dapat diserap perusahaan meningkat.

Baca Juga:   68 Pejabat Dilantik, Bupati Hamdam Berpesan Jadi Pejabat yang Bersih dan Bebas Korupsi

“Ya dengan adanya job fair ini, tenaga kerja lokal kita diharapkan bisa terserap maksimal,” ungkapnya

Penyerapan itu nantinya dapat mengurangi angka pencari kerja di Benuo Taka. Ia menyampaikan angka serapan tenaga kerja lokal di PPU yang diakui saat ini masih cukup rendah.

Berdasarkan data dari Disnakertrans setempat, jumlah pencari kerja per Januari hingga Juli 2023, mencapai 738 orang.

Sementara yang terserap sejauh ini baru sekitar 171 orang, sedangkan 576 orang lainnya belum mendapatkan pekerjaan.

“Hal tersebut masih terbilang rendah untuk saat ini. Makanya ke depan kami harapkan meningkat,” jelasnya.

Adapun job fair ini merupakan pertama kalinya digelar di PPU. Selain itu, dalam job fair nantinya akan memprioritaskan tenaga kerja dari PPU untuk pencari kerja di sana.

Sedangkan untuk perusahaan, Disnakertrans PPU tidak hanya akan mengundang yang berasal dari PPU dan IKN saja, tetapi juga dari luar daerah.

Tercatat dalam acara job fair ini ada sebanyak 36 perusahaan di PPU maupun luar PPU dengan 913 lowongan kerja (Loker) yang dibutuhkan.

“Setelah adanya job fair ini diharapkan sebanyak-banyaknya tenaga kerja lokal terserap, lowongan juga semakin banyak. Pencari kerja difokuskan lokal, kalau perusahaan boleh dari luar,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *