DPRD Samarinda

DPRD Samarinda Usulkan Program Orang Tua Asuh, Cegah Putus Sekolah

×

DPRD Samarinda Usulkan Program Orang Tua Asuh, Cegah Putus Sekolah

Sebarkan artikel ini
Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti.
Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti.

TITIKNOL.ID, SAMARINDA – DPRD Samarinda melalui Komisi IV yang fokus pada isu pendidikan meminta agar Pemkot Samarinda segera mewujudkan program orang tua asuh. Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti.

Puji mengatakan, program orang tua asuh merupakan salah satu cara untuk mencegah anak-anak dari keluarga miskin putus sekolah. Program ini melibatkan orang-orang yang secara suka rela menyediakan bantuan pendidikan kepada anak-anak sekolah dari keluarga miskin agar mereka dapat meneruskan pendidikan formalnya.

“Sehingga anak yang berasal dari keluarga miskin ini bisa tetap sekolah, bisa mendapatkan hak mereka dalam memperoleh pendidikan,” jelas Puji.

Pemkot Samarinda, lanjut Puji, dapat menjadi fasilitator yang menjembatani orang tua asuh dengan calon anak yang akan mendapatkan manfaat.

“Ini kan bisa jadi salah satu bentuk kerja sama kita semua. Supaya tidak ada lagi anak yang putus sekolah hanya karena persoalan ekonomi di keluarganya,” sambungnya.

Selain itu, Puji juga mendorong sekolah-sekolah di Samarinda untuk makin aktif mengkomunikasikan hal ini dengan pihak-pihak terkait. Sehingga keberadaan anak dari keluarga yang tidak mampu bisa segera ditindaklanjuti baik dengan program orang tua asuh, maupun bantuan yang bisa diberikan orang tua dari siswa lain. (adv)