Kemendagri Apresiasi Kinerja PJ Bupati PPU, Marbun: Terima Kasih Pak Sekda

Evaluasi kinerja ini merupakan keharusan yang dilakukan tim Inspektorat Jenderal (Irjen) dari Kemendagri pada setiap 3 bulan bagi seluruh penjabat kepala daerah di Indonesia.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengevaluasi kinerja Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun pada triwulan pertama. TITIKNOL.ID/HO

TITIKNOL.ID,JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengevaluasi kinerja Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun pada triwulan pertama.

Evaluasi kinerja ini digelar digelar di Gedung Inspektorat Jenderal Kemendagri Jakarta, Selasa, (19/12/2023) siang kemarin.

Pj Bupati PPU, Makmur Marbun mengatakan bahwa evaluasi kinerja ini merupakan keharusan yang dilakukan tim Inspektorat Jenderal (Irjen) dari Kemendagri pada setiap 3 bulan bagi seluruh penjabat kepala daerah di Indonesia.

Dia mengatakan bahwa dalam evaluasi kinerja ini, ada beberapa hal yang disampaikan kepada tim penilai sesuai dengan arahan Presiden RI maupun Mendagri.

“Kita laporkan apa yang telah kita kerjakan secara optimal selama 3 bulan ini di lapangan. Bagaimana terkait penanganan inflasi, stunting, bagaimana menjaga mandatory spending bidang kesehatan dan peningkatan mutu pendidikan, dan beberapa hal lainnya. Hampir semua yang kita kerjakan itu kita laporkan secara akuntabel,” terang Marbun.

“Alhamdulillah dari tim evaluator menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap apa yang kita lakukan.

Artinya, secara umum, capaian kita sudah sangat memenuhi ketentuan serta indikator yang di minta, walaupun memang masih ada beberapa catatan yang perlu kita perbaiki ke depan,” tambah dia.

Namun, ia mengatakan koreksi yang diberikan justru menjadi vitamin dan motivasi bagi dirinya, khususnya pada triwulan kedua nantinya.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat, sekretaris daerah, kepala dinas maupun tim yang telah membantu saya selama tiga bulan di PPU. Apa yang kita kerjakan telah mendapat apresiasi dari tim evaluasi Kementerian Dalam Negeri,” ucapnya.

Makmur Marbun mengatakan bahwa tidak ada artinya apabila seorang pemimpin itu tidak bisa mengkader bawahannya.

Baca Juga:   Petani PPU Dapat Bantuan Alsintan, Plt Bupati: Rawat Baik-baik Bantuan Ini

Untuk itu, keberhasilan hari ini adalah keberhasilan seluruh masyarakat Kabupaten PPU dan perangkat daerah.

“Tetaplah fokus bekerja untuk masyarakat. Masih banyak yang harus kita tuntaskan. Terima asih sekali lagi kepada semua pihak yang telah membantu saya terutama dalam menjalankan tugas selama 3 bulan ini,” tutupnya.

Seperti diketahui, berdasarkan pasal 20 Permendagri Nomor 4 tahun 2023, bahwa Menteri Dalam Negeri melakukan evaluasi kinerja pejabat kepala daerah di seluruh Indonesia berdasarkan hasil pembinaan, pengawasan dan laporan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh Pj Bupati dan Pj Walikota.

Evaluasi tersebut meliputi aspek pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Seluruh proses dalam pelaksanaan evaluasi ini juga dilaksanakan secara transparan dan akuntabel serta tidak melakukan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) dalam pelaksanaannya.

Dalam kegiatan evaluasi ini, PJ Bupati PPU, Makmur Marbun juga didampingi oleh sejumlah pejabat di lingkup PPU, tampak Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Nicko Herlambang, Kepala Bapelitbang PPU, Tur Wahyu Sutrisno serta sejumlah kepala dinas dan bagian di lingkungan Perintah Kabupaten PPU. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *