Enam Tahun Berdiri, Polda Kaltara Gelar Syukuran Sederhana

TITIKNOL.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara menggelar syukuran sederhana tepat pada hari jadinya yang keenam tahun, dipimpin langsung oleh Kapolda Irjen Pol. Daniel Adityajaya dan turut mendapat ucaan selamat dari Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan.

“Hari ini kita semua bersuka cita, melaksanakan syukuran dalam rangka memperingati Ulang Tahun Ke-6 Polda Kaltara, sejak berdiri pada 9 Januari 2018,” kata Irjen Pol. Daniel Adityjaya di Tanjung Selor, Selasa (9/1/2023).

Dia mengatakan, selama enam tahun terakhir ini Polda Kalimantan Utara menunjukkan eksistensinya dan melaksanakan tugas pokok Polri, yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat Kalimantan Utara.

Polda Kalimantan Utara juga menyelenggarakan tugas-tugas Polri lainnya dalam daerah hukumnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pembangunan sarana dan prasarana Mapolda Kalimantan Utara berkembang pesat, seperti terbangunnya rumah dinas anggota, fasilitas olahraga, fasilitas keagamaan maupun fasilitas lain yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kedinasan maupun non-kedinasan,” ujar Kapolda.

Dia menjelaskan, pada 21 Juni 2023 dalam acara penganugerahan Kompolnas Award 2023, Polda Kalimantan Utara berhasil mendapat penghargaan 10 besar nominasi kelompok B Polda terbaik dengan indikator penilaian di antaranya rasio penyelesaian SKM Kompolnas, indeks transformasi pengawasan, integritas satwil, kinerja operasional Satwil, Manajemen Media, dan dalam melakukan pemerataan potensi kerawanan pemilu/pilkada.

Atas berbagai capaian tersebut, Kapolda menyampaikan terima kasih dan apresiasi tinggi serta penghargaan sebesar-besarnya kepada seluruh personel Polda atas dedikasi, loyalitas, pengabdian, dan pengorbanan dalam mengembangkan dan memajukan Polda Kaltara.

Untuk diketahui, Polda Kalimantan Utara merupakan pelaksana tugas Polri di wilayah Provinsi Kalimantan Utara, resmi berdiri pada 9 Januari 2018. Polda ini tergolong Polda tipe A, karena dipimpin seorang Kapolda yang berpangkat bintang dua, Inspektur Jenderal Polisi.

Baca Juga:   Pemprov Kaltara-Korem 092/Mrl Mulai Kerjakan Normalisasi Sungai Selor-Buaya Agustus Ini

Sebelumnya, wilayah Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur berada di bawah naungan Polda Kalimantan Timur. Seiring pemekaran Provinsi Kalimantan Utara pada 2012, muncul aspirasi dari masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk membentuk Polda Kaltara.

Aspirasi ini didasari oleh pertimbangan wilayah Kalimantan Utara yang cukup luas, merupakan wilayah perbatasan negara sehingga rentan gangguan keamanan dari luar, dan merupakan wilayah yang memiliki potensi ekonomi besar, sehingga membutuhkan pengamanan yang memadai.

Aspirasi ini akhirnya mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat. Pada 22 Desember 2017, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden Nomor 120 Tahun 2017 tentang Pembentukan Polda Kalimantan Utara.

Pada 9 Januari 2018, Kapolri Jenderal Tito Karnavian meresmikan Polda tersebut di Tanjung Selor, Ibukota Provinsi Kalimantan Utara. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyematan tanda jabatan kepada Kapolda Kaltara pertama, Brigjen Pol. Drs. Indrajit.

Polda Kaltara memiliki wilayah hukum yang meliputi seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Utara. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *