Penajam

Tahun Ini Disperkimtan PPU akan Memperbaiki 400 RTLH

×

Tahun Ini Disperkimtan PPU akan Memperbaiki 400 RTLH

Sebarkan artikel ini

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Penajam Paser Utara (PPU), akan melakukan perbaikan 400 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tersebar di empat kecamatan

BANTUAN RTLH – Dinas Perkimtan Penajam Paser Utara (PPU) akan kembali memberikan 400 bantuan permaikan rumah tidak layak huni (RTLH). TITIKNOL.ID

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Penajam Paser Utara (PPU), akan melakukan perbaikan 400 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tersebar di empat kecamatan.

Bantuan perbaikan RTLH ini anggaran bukan hanya bersumber dari APBD PPU namun juga bantuan keuangan provinsi dan melalui APBN 2024.

Kepala Bidang Permukiman dan Pertamanan, Disperkimtan PPU, Khairil Achmad tahun lalu juga sudah dilakukan program bantuan perbaikan RTLH.

“Untuk memberikan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memiliki rumah layak huni. Makanya tahun ini kami kembali memberikan bantuan,” jelasnya.

Ia mengatakan, untuk tahun ini bantuan RTLH mencapai 400 unit rumah yang tersebar di empat kecamatan.

Bantuan ini bukan hanya dari APBD PPU sebanyak 50 unit namun juga melalui APBN dengan 100 unit dan Provinsi Kaltim 250 unit dan tahun ini akan diselesaikan.

Namun demikian, sebelum bantuan perbaikan rumah ini diberikan pihaknya akan tetap melakukan pendataan di lapangan.

Pendataan ini dilakukan karena setiap bukan ada perubahan data. Misalnya, warga tersebut meninggal dunia, pindah.

“Atau malah rumahnya sudah bagus dan tidak masuk kategori lagi RTLH,” ujarnya.

Bukan hanya itu lanjutnya, data yang digunakan dalam program ini merupakan akurat dan terkini.

Ia mengatakan, verifikasi ini menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang akan disesuaikan dengan data RTLH.

“Mudah-mudahan bantuan RTLH ini bisa mengurangi angka kemiskinan ekstrem di PPU,” harapnya. (Advertorial)