News google
Uncategorized

Hujan Deras, Pemkab PPU Tetap Gelar Upacara Hardiknas 2024, Sekda Tohar Sampaikan Pesan Mas Menteri

×

Hujan Deras, Pemkab PPU Tetap Gelar Upacara Hardiknas 2024, Sekda Tohar Sampaikan Pesan Mas Menteri

Sebarkan artikel ini

Hujan deras yang mengguyur sejak pagi tak menyurutkan niat Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5/2024)

POTONG TUMPENG – Sekda Penajam Paser Utara (PPU) Tohar saat melakukan pemotong tumpeng usai Hari Pendidikan Nasional 2024. TITIKNOL.ID/HO/HUMAS6

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Hujan deras yang mengguyur sejak pagi tak menyurutkan niat Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5/2024).

Upacara Hardiknas yang dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei, tetap digelar meski di ruangan tertutup.

Upacara tetap berjalan khidmat dengan dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, Tohar dan dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab PPU serta sejumlah tenaga pengajar.

Pada kesempatan itu, Sekda PPU membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Makarim.

Dia mengatakan bahwa menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan semua tentang tantangan dan kesempatan yang dimiliki untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Menurutnya, bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar.

Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.

“Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” ucapnya.

Menurutnya, lima tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

“Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Ditambahkan, semua yang telah diupayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang dicita-citakan. Namun ini bukanlah titik akhir dari gerakan Merdeka Belajar.

“Dengan penuh ketulusan, saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan. Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan. Selamat Hari Pendidikan Nasional,” tutup Tohar membacakan sambutan Mendikbudristek.

Baca Juga:   Perumda Danum Taka Sebut tak Pernah Putus Jaringan Air Masjid Agung Al Ikhlas Penajam

Pada kesempatan ini, Sekda PPU, Tohar juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada tenaga pendidik di PPU, di antaranya penyerahan penghargaan tingkat Kemendikbudristek di bidang Sekolah Inspiratif pencegahan perundungan kepada SMPN 1 Penajam, kemudian penghargaan tingkat Provinsi Kaltim bidang Sekolah Adiwiyata diberikan kepada SMPN 3 Penajam.

Selanjutnya ada juga penghargaan tingkat kabupaten PPU sebagai guru berdedikasi mengabdi di sekolah terpencil diberikan kepada Asnan asal SDN 005 Penajam Filial.

Kegiatan ini ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Sekda PPU dan jajaran pejabat PPU. (Advertorial/Kominfo/Humas 6)