Bontang

Hewan Kurban Idul Adha 2024 di Bontang Kaltim Diperiksa Ganda untuk Memastikan Layak Dikonsumsi

×

Hewan Kurban Idul Adha 2024 di Bontang Kaltim Diperiksa Ganda untuk Memastikan Layak Dikonsumsi

Sebarkan artikel ini
HEWAN KURBAN BONTANG - Ilustrasi sapi, hewan kurban untuk Idul Adha diberikan makan oleh anak-anak menjelang detik-detik proses penyembelihan di masjid. Menatap hari raya Idul Adha 2024, Dinas Peternakan Kota Bontang mulai melakukan pemeriksaan dan memastikan hewan kurban yang ada di Kota Bontang layak untuk kurban, Jumat (31/5/2024). (Titiknol.id)

TITIKNOL.ID, BONTANG – Menatap hari raya Idul Adha 2024, Dinas Peternakan Kota Bontang mulai melakukan pemeriksaan dan memastikan hewan kurban yang ada di Kota Bontang layak untuk kurban. 

Langkah-langkah yang dilakukan untuk tetap menjamin kualitas hewan kurban yakni melakukan pengawasan ketat atas aktivitas distribusi hewan. 

Demikian ditegaskan oleh Fungsional Ahli Muda Medik Veteriner Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan, dan Perikanan Kota Bontang, drh Riyono pada Jumat (31/5/2024) dikutip oleh Titiknol.id. 

Dia menyatakan, Idul Adha tidak terlepas dari kebutuhan hewan sembelih untuk jadi kurban seperti di antaranya kambing, sapi dan atau kerbau. 

Tentu saja Dinas Peternakan berupaya untuk menghindari, menjauhkan masyarakat dari bahaya penyakit hewan kurban. 

Perlu ada pengawasan ketat agar hewan kurban layak dikonsumsi. 

“Kami pastikan aman. Insya Allah. Tidak apa-apa. Dari dari awal memang hewan kurban yang akan dikirim ke Kalimantan Timur semuanya diperiksa, semua dicek, kesehatannya, pakai hasil uji lab dari daerah asal,” tuturnya. 

Namun langkah pemeriksaan tidak hanya sekali saja, selain dari hulu, pada hilirnya juga kembali dicek kembali untuk memastikan secara menyeluruh. Ibaratnya dilakukan pemeriksaan ganda. 

“Ya kan kami disini tetap melakukan cek ulang. Hasilnya memang tidak ada yang dipermasalahkan, artinya sehat-sehat,” tegas Riyono. (*)