SamarindaTitiknolKaltim

Ketua TP PKK Samarinda Gelar Bakti Sosial dan Ajak Perempuan Cegah Kanker Serviks Lewat Pemeriksaan Dini

×

Ketua TP PKK Samarinda Gelar Bakti Sosial dan Ajak Perempuan Cegah Kanker Serviks Lewat Pemeriksaan Dini

Sebarkan artikel ini
Suasana bakti sosial memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024 di Gedung Sekretariat PKK Kota Samarinda, Jalan S. Parman, Jumat (7/6/2024). IST/Kominfo Samarinda

TITIKNOL.ID – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024, Ketua TP PKK Kota Samarinda, Hj. Rinda Wahyuni Andi Harun, menggelar bakti sosial yang fokus pada kesehatan perempuan. Kegiatan ini diadakan di Gedung Sekretariat PKK Kota Samarinda, Jalan S. Parman, pada Jumat (7/6/2024) dan Sabtu (8/6/2024).

Baksos ini menyediakan berbagai layanan kesehatan gratis bagi perempuan Samarinda, termasuk pemeriksaan HPV DNA, IVA Test, Pap Smear, pemeriksaan gula darah, kolesterol, konsultasi kesehatan, dan pemasangan alat kontrasepsi (KB).

Rinda Wahyuni, dengan penuh semangat, mengajak para perempuan untuk memanfaatkan layanan ini.

“Ayo, para perempuan Samarinda, datang ke sini, ajak teman dan keluarga. Dengan melakukan Pap Smear, kita bisa deteksi dini kanker serviks dan cegah penyakitnya,” ajaknya melalui siaran langsung di media sosial.

Ia menjelaskan bahwa bakti sosial ini merupakan salah satu upaya TP PKK Kota Samarinda untuk meningkatkan kesadaran kesehatan perempuan, khususnya dalam mencegah penyakit dalam.

“Kita ingin perempuan Samarinda menjadi perempuan yang sehat dan perempuan unggulan,” tegasnya.

Selain layanan kesehatan, bakti sosial ini juga dimeriahkan dengan kehadiran UMKM dari berbagai kecamatan di Samarinda. Para pengunjung dapat berbelanja produk-produk lokal, seperti makanan, buah-buahan, kerajinan tangan, dan produk kecantikan.

Antusiasme masyarakat terhadap bakti sosial ini terlihat tinggi. Pada hari pertama, tercatat kurang lebih 400 perempuan yang mengikuti pemeriksaan kesehatan.

Rinda berharap program ini dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup perempuan di Samarinda. (*/wil)