TitiknolKaltim

Survei Cyrus Network di Pilgub Kaltim: Isran Noor-Hadi 43,7%, Rudy Mas’ud-Seno Aji 54,2%

×

Survei Cyrus Network di Pilgub Kaltim: Isran Noor-Hadi 43,7%, Rudy Mas’ud-Seno Aji 54,2%

Sebarkan artikel ini
Hasil survei Cyrus Network Pilgub Kaltim 2024. (Dok. Istimewa)

TITIKNOL.ID – Lembaga Cyrus Network mempublikasikan hasil survei elektabilitas pasangan calon Pilgub Kalimantan Timur (Kaltim) 2024.

Elektabilitas pasangan nomor urut 2, Rudy Mas’ud-Seno Aji, mengungguli pasangan petahana Isran Noor-Hadi Mulyadi.

Berdasarkan keterangan Cyrus Network yang dipaparkan di Samarinda, Rabu (13/11/2024), survei dilakukan dari tanggal 4-9 November 2024, dengan mengambil sampel sebanyak 1.200 responden, yang tersebar secara proporsional di 120 desa terpilih dari 10 kabupaten/kota.

Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling.

Tingkat kepercayaan (significant level) survei ini 95% dengan margin of error sebesar +/- 2,89%.

“Jika dilihat dari trennya, elektabilitas Rudy-Seno ini terus meningkat. Pada bulan September elektabilitasnya baru 38,4%, Oktober naik menjadi 44,8% dan pada November sudah unggul dengan 54,2%,” papar CEO Cyrus Network, Fadhli MR.

Sebaliknya elektabilitas petahana, Isran Noor-Hadi Mulyadi mengalami penurunan dari bulan sebelumnya.

Pada bulan September elektabilitas Isran-Hadi 52,4%, turun menjadi 48,9% di bulan Oktober dan turun lagi menjadi 43,7% di awal November.

“Dari Oktober ke November petahana turun 5%, sementara penantangnya naik 10%, karena ada angka responden yang belum memutuskan atau tidak menjawab yang juga menurun,” ujar Fadhli.

Pada bulan September masih ada 9,2% responden yang belum memutuskan atau tidak menjawab, turun menjadi 6,3% pada bulan Oktober dan di awal November turun lagi menjadi 2,1%.

Dari sisi popularitas atau dikenal, pasangan Rudy Mas’ud-Seno Aji pada bulan November ini 93,8%, mendekati petahana yang sudah mencapai 96,8%.

Tren popularitas Rudy-Seno terus naik seiring berjalannya masa kampanye.

Pada bulan September popularitas Rudy-Seno 79,7%, naik menjadi 87,3% pada bulan Oktober, lalu kembali naik menjadi 93,8% pada November.

Baca Juga:   Volunteer PLN Gandeng Penggiat Lingkungan, Bersih Bersih Pantai di Hari lingkungan Hidup

Sementara popularitas petahana, pada bulan September sudah 95,3%, bulan Oktober 95,4% dan naik menjadi 96,8% pada bulan November ini.

“Petahana tentu lebih dulu dikenal masyarakat, dan angkanya juga sudah tinggi, sehingga sulit untuk naik lagi,” terang Fadhli.

Untuk likeabilitas atau disukai, Rudy-Seno juga terus naik, bulan September 71,8%, Oktober naik menjadi 79,2%, dan data terbaru November menunjukkan likeabilitas 81,8%.

Sementara Isran-Hadi, pada bulan September likeabilitasnya 89,3%, turun menjadi 86,8% pada bulan Oktober, dan turun lagi menjadi 79,1% pada awal November.

Dari segi kemantapan memilih, 74,9% pemilih mengaku sudah mantap dan tidak akan mengubah pilihannya.

Sementara masih ada 24,2% responden yang mengaku masih mungkin mengubah pilihannya. (*)