TITIKNOL.ID, PENAJAM – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka dengan sigap menangani kebocoran pipa HDPE 300mm di Lawe-Lawe, Kabupaten Penajam Paser Utara untuk memastikan aliran air bersih tetap lancar dan tidak menganggu masyarakat.
Direktur Perumda Air Minum Danum Taka, Abdul Rasyid mengatakan kebocoran itu tidak menyebabkan gangguan signifikan terhadap pasokan air bersih kepada masyarakat.
Ia menambahkan bahwa kebocoran disebabkan oleh usia pipa yang sudah mencapai 20 tahun ditambah adanya tekanan berupa getaran dan beban dari atas jalanan di lokasi terdampak.
“Pipa tersebut sudah tua dan rentan mengalami kerusakan. Atas laporan pantauan rutin tim di lapangan, kami segera menangani kebocoran tersebut untuk memastikan pasokan air bersih tetap lancar,” ujarnya, Jumat (27/12/2024).
Tak hanya terjadi di Kelurahan Lawe-Lawe, kebocoran pipa kerap terjadi di beberapa lokasi lainnya.
“Kebocoran ini kontinyu, tidak tentu waktunya dan selalu ada dimana-mana. Kebocoran pipa di Lawe-Lawe kemarin memang besar, mengakibatkan kita kekurangan air produksi dalam jumlah besar,” jelas Rasyid.
Meski begitu, sebagai pengganti pipa bocor, pihaknya mengaktifkan cadangan pipa lainnya untuk mencegah gangguan operasional.
“Selama waktu dua jam bocor kita sempat kehilangan air dalam jumlah besar, tapi tidak mempengaruhi masyarakat karena kita punya cadangan pipa yang bisa kita aktifkan. begitu kita matikan, kita pindah ke pencadangannya,” kata dia.
Perumda Danum Taka juga memiliki tim yang selalu memantau dan menangani kebocoran dalam waktu maksimal 3 jam.
Perumda yang memiliki pelanggan sebanyak 15ribu lebih pelanggan tersebut selalu berupaya menjaga loyalitas konsumen mereka dengan memberikan produk berkualitas, menyediakan pelayanan terbaiknya, dan merespon cepat keluhan atau tanggapan dari sekitar.
“Prioritas kami adalah masyarakat. Kami berusaha memperbaiki dan memastikan kualitas air sesuai dengan standar Permenkes dan PermenPUPR,” tambahnya.
Abdul Rasyid mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kesabaran dan kepercayaan mereka.
“Kami akan terus berusaha memperbaiki pelayanan dan memastikan kualitas air bersih,” tutupnya. (TN01)