Headline

Otorita IKN Nusantara Siapkan Pelatihan Bagi Warga Lokal

×

Otorita IKN Nusantara Siapkan Pelatihan Bagi Warga Lokal

Sebarkan artikel ini
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam Keterangan Pers di Kantor Presiden pada Rabu (20/7/2022).

TITIKNOL.ID– Pemerintah Pusat melalui Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, tidak akan meninggalkan masyarakat lokal dalam pembangunan.

Bahkan mereka telah disiapkan sejumlah pelatihan terutama masyarakat yang berada di sekitar kawasan IKN Nusantara.

Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk memastikan bahwa penduduk lokal menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan IKN.

“Ada pelatihan membuat kue, menjahit, mengelola keuangan, dan juga pelatihan yang berhubungan dengan konstruksi,” kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam Keterangan Pers di Kantor Presiden pada Rabu (20/7/2022).

Dalam melaksanakan program pelatihan bagi masyarakat IKN, pemerintah bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat seperti lembaga swadaya masyarakat, akademisi hingga BUMN.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan masyarakat lokal memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang konstruksi dan non-konstruksi.

Di samping pelatihan, Bambang menyampaikan terkait pekerjaan infrastruktur dan bangunan-bangunan yang akan dipersiapkan.

“Utamanya kita akan melihat di lapangan misalnya pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan land consolidation, land clearing, misalnya pematangan tanah kemudian juga akses-akses logistik itu akan segera dipersiapkan, dengan harapan agar nanti di tahun depan itu memang kita sudah mulai full scale, dalam skala penuh untuk membangun infrastruktur dan bangunan-bangunan inti,” ungkapnya.(*)