TitiknolKaltara

Kaltara Lirik Kepiting Bakau jadi “Branding” Unggulan Daerah 

×

Kaltara Lirik Kepiting Bakau jadi “Branding” Unggulan Daerah 

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi/kepiting bakau. HO

TITIKNOL.ID, TANJUNG SELOR – Salah satu potensi perikanan Kalimantan Utara (Kaltara) yakni kepiting bakau bakal dijadikan branding unggulan provinsi.

Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang menyebut wacana itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Mendagri Tito Karnavian agar setiap daerah memunculkan branding produk unggulannya. 

“Sesuai arahan Pak Mendagri beberapa waktu lalu pada saat rapat inflasi semua daerah diminta siapkan potensi andalan yang bisa jadi branding daerah itu. Di Kaltara kita coba munculkan kepiting karena hasil perikanan ini jadi andalan Kaltara sudah sejak lama,” kata Zainal baru-baru ini. 

Untuk merealisasikannya, Zainal menyebut akan membentuk tim terkait seperti organisasi perangkat daerah serta tokoh masyarakat untuk membahas wacana tersebut secara lebih dalam. 

Bahkan jika disetujui semua pihak, ia berencana membangun Tugu Kepiting berukuran besar di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, ibukota Kaltara. 

“Akan kita susun rencana induk dulu dan bermusyawarah dengan para tokoh apakah kepiting itu dapat kita jadikan ikon yang betul-betul menjual tidak saja di level nasional tetapi sampai internasional,” tuturnya. 

Zainal menegaskan, Mendagri mendorong daerah tidak hanya mengumbar slogan seperti kota indah, bersih, dan berseri. Tetapi harus membuat langkah nyata dengan membuat branding potensi keunggulan daerah. 

“Misal branding Kaltara adalah kepiting bakau, maka pengembangan dari hulu hingga hilirnya harus berjalan mulai dari usaha pembibitan, perawatan, panen, sampai menjadi produk-produk turunan kepiting. Selama ini kepiting langsung diekspor saja,” ujarnya. (red)