Asisten I Minta OPD Edukasi Masyarakat Memitigasi Bencana Kebakaran

Asisten Pemerintahan dan Kesejahtereaan Rakyat Setprov Kaltara, Datu Iqro Ramadhan, S.Sos, M.Si menjadi pembina apel ASN Pemprov Kaltara, Senin (3/7/2023). DKISP/RED

TITIKNOL.ID, TANJUNG SELOR – Asisten I; Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltara Datu Iqro Ramadhan meminta organisasi perangkat daerah (OPD) mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan pemahaman pencegahan kebakaran.

Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kesiapan warga dalam merespons kebakaran dengan tepat dan cepat,” tutur Datu Iqro saat mempimpin apel pagi ASN Pemprov Kaltara di lapangan Agatis, Tanjung Selor, Senin (3/7/2023).

Menurutnya, kebakaran dapat terjadi kapan saja dengan frekuensi kejadian yang cukup tinggi. Kerugian materil maupun korban jiwa akibat kebakaran berpotensi besar terjadi.

“Metode yang bisa digunakan adalah sosialisasi atau simulasi bahaya kebakaran oleh BPBD atau pesan berupa tulisan dan gambar yang dibuat oleh Dinas Diskominfo.,” ujar dia.

Dengan metode sosialisasi yang efektif, dia optimistis masyarakat dapat mengetahui tindakan mitigasi untuk mencegah dan menanggulangi bencana kebakaran.

Jadi Teladan

Dalam amanatnya, Datu Iqro menyampaikan agar sebagai pimpinan dapat menjadi teladan bagi staf maupun masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal dan tempat bekerja.

“Artinya, ketika menjadi pimpinan dapat menjadi contoh kepada bawahannya atau staf dan masyarakat. Pemimpin itu harus satu kata dan perbuatan, semua itu harus tercermin dalam sikap dan aktivitas,” ujarnya.

Pada amanat ketiga, ia menekankan kepada seluruh ASN berkomitmen dan menjalankan tugas sesuai pokok dan fungsi masing-masing berdasarkan peraturan perundangan.

“Bekerjalah sesuai dengan tupoksi agar pemerintahan berjalan sesuai apa yang diharapkan,” sebutnya. (dkisp/red/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *