Pj Bupati Wacanakan Rental Mobil untuk Pejabat PPU, Ketua DPRD: Beri Aja Tunjangan

Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun berencana untuk menyewa mobil sebagai kendaraan operasional bagi para pejabat

Pj Bupati PPU Makmur Marbun mewacanakan untuk menyewa mobil dinas mulai tahun depan. TITIKNOL.ID

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun berencana untuk menyewa mobil sebagai kendaraan operasional bagi para pejabat.

Marbun menilai bahwa selama ini Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengeluarkan anggaran untuk membeli kendaraan dinas dari para pejabat.

“Saya minta ini dikaji agar kalau bisa mulai tahun depan mobil dinas itu bukan lagi dibeli tapi cukup disewa atau rental saja. Lebih murah dan selalu dapat mobil baru,” katanya.

Ia mengatakan, bila mobil dinas itu dirental maka perawatan tidak perlu menjadi tanggungjawab pemerintah namun pemilik rental itu sendiri.

Bukan hanya itu, kendaraan yang disiapkan bagi pejabat juga selalu baru. “Pasti kendaraan yang disiapka pemilik rental selalu yang baru,” katanya.

Namun demikian, pihaknya masih akan mendiskusikan terkait rencana rental mobil termasuk menyampaikan kepada DPRD PPU.

Namun berbeda dengan Ketua DPRD PPU Syahrudin M Noor. Ia mengatakan kurang setuju bila menyewa mobil untuk kendaraan dinas para pejabat maupun mobil operasional.

Ia mengaku lebih setuju bila para pejabat diberikan tunjangan khusus untuk kendaraan dinas, sehingga pejabat yang bersangkutan yang memikirkan untuk mobil dinas mereka.

“Misalnya kita kasihkan tunjangan Rp5 juta setiap bulan, kemudian uang itu dipakai mau rental mobil atau beli mobil sendiri silahkan. Jadi kalau dia pakai uang tunjangan itu dipakai beli mobil tidak menjadi masalah. Nanti kan akhirnya milik dia sendiri,” katanya.

Bagaimana bila pejabat itu dimutasi, Syahrudin mengatakan kendaraan tersebut tetap miliknya kalau tunjangan itu dibelikan mobil.

“Tetap mobil dia sendiri. Jadi saya sih setuju tunjangan saja agar pejabat ini diberikan kewenangan apakah mau rental atau beli mobil sendiri,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *