Penajam

Kadis Perkimtan Sebut PPU Masih Kekurangan Perumahan

×

Kadis Perkimtan Sebut PPU Masih Kekurangan Perumahan

Sebarkan artikel ini

"Kalau dibandingkan jumlah perumahan yang sudah dibangun dengan jumlah penduduk belum diimbang, masih butuh banyak perumahan untuk memmenuhi kebutuhan hunian masyarakat,"

Sampai saat ini puluhan perumahan baik subsidi maupun non subsidi sudah dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara. TITIKNOL.ID

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukinan dan Pertanahan (Perkimtan) Penajam Paser Utara (PPU) Yusuf Basra mengatakan, sampai saat ini puluhan perumahan baik subsidi maupun non subsidi sudah dibangun.

Bahkan sejak ia dilantik menjadi kepala dinas, sudah menyetuju 3 site plant untuk mendirikan perumahan baik di Penajam maupun di Kecamatan Waru.

Yusuf menyatakan, meski sudah terbangun puluhan perumahan namun belum sesuai dengan jumlah penduduk.

“Kalau dibandingkan jumlah perumahan yang sudah dibangun dengan jumlah penduduk belum diimbang, masih butuh banyak perumahan untuk memmenuhi kebutuhan hunian masyarakat,” katanya, Rabu (8/7/2023).

Bahkan ia menilai bahwa Kabupaten PPU masih membutuhkan pengusaha developer untuk membangun perumahan di PPU.

Perumahan Palm Asri yang berada di Kelurahan Sungai Parit, Penajam Paser Utara. TITIKNOL.ID

Saat ini lanjutnya, perumahan yang sudah dibangun bukan hanya di Kecamatan Penajam dan Waru, namun juga di Babulu bahkan di Sepaku yang juga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Mengenai perizinan, ia mengatakan pihaknya hanya memberikan rekomendasi menyangkut site plant.

Seperti harus memiliki kawasan perumahan, memiliki ruang terbuka, akses PDAM dan listrik PLN.

“Juga harus memiliki tempat pembuangan sampah dan lorong api atau akses untuk pemadam bila terjadi musibah kebakaran dan fasilitas olahraga dan fasilitas umum, jalan lingkungan dan drainase harus dilengkapi. Kalau site plant selesai maka kami rekomendasikan karena tetap Dinas Perizinan yang mengeluarkan izin. Kami hanya sebatas menyetujui site plant,” katanya.

Dengan demikian, dengan adanya IKN Nusantara ini maka pembangunan perumahan akan semakin pesat, karena jumlah pendudukan juga akan terus bertambah. (Advertorial)