Balikpapan

Bagi Warga di Balikpapan Kaltim Mau Ikut Komcad? Disediakan Gaji dan Simak Dulu Syaratnya

×

Bagi Warga di Balikpapan Kaltim Mau Ikut Komcad? Disediakan Gaji dan Simak Dulu Syaratnya

Sebarkan artikel ini
KOMCAD DI BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan terlibat dalam kegiatan Sosialisasi Pembentukan Komcad Matra Darat Tahun Anggaran 2024 oleh tim Dirjen Pothan Kemenhan RI yang dilaksanakan di Aula Balaikota Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (21/5/2024).  (Instagram @pemkot_balikpapan)

TITIKNOL.ID, BALIKPAPAN – Bagi kalian warga Balikpapan yang berminat ingin masuk bagian dari Komponen Cadangan atau Komcad Matra Darat, kini ada kesempatan.

Menyadur dari Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara disebut Komcad terdapat tugas kewajiban dan memperoleh gaji. Dan perlu dipahami juga, sifat dari Komcad ini tidak wajib untuk diikuti. 

Nah, belum lama ini di Kota Balikpapan telah dilakukan sosialisasi atas program ini. Pendaftarannya ditutup hingga 7 Juni 2024. 

Mengutip dari Instagram @pemkot_balikpapan, Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin terlibat dalam pertahanan negara.

Kesempatan ini dibuka melalui pembentukan komponen cadangan atau Komcad Matra Darat tahun 2024.

Komcad merupakan komponen pertahanan negara yang terdiri dari warga yang memenuhi syarat, secara sukarela mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan militer, untuk nantinya terlibat dalam memperkuat pertahanan negara.

Pemerintah Kota Balikpapan pada Selasa 21 Mei 2024 terlibat dalam kegiatan Sosialisasi Pembentukan Komcad Matra Darat Tahun Anggaran 2024 oleh tim Dirjen Pothan Kemenhan RI yang dilaksanakan di Aula Balaikota Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. 

Pendaftaran Komcad Matra Darat dibuka mulai tanggal 1 Mei sampai 7 Juni 2024, lokasi di Kodam VI/Mulawarman.

Link Pendaftaran Online: https://komcad.kemhan.go.id/komcad/registrasi

Penerimaan Pendaftaran: https://komcad.kemhan.go.id/lokasi-pendaftaran-baru

Syarat Daftar Komcad 2024 Matra Darat

Dikutip dari laman Kemhan, berikut syarat mendaftar Komcad:

  • Warga negara yang berusia 18-35 tahun;
  • Masyarakat dengan latar belakang apa saja yang memenuhi persyaratan bisa secara sukarela mendaftar menjadi anggota Komcad. Pendaftar akan diseleksi secara ketat oleh TNI;
  • Setelah dinyatakan lulus seleksi, akan mendapatkan pelatihan militer dasar selama 3 bulan di pusat-pusat pelatihan militer milik TNI, baik TNI AD, AL maupun AU;
  • Selama masa pelatihan, bila calon anggota Komcad tersebut berprofesi sebagai ASN atau karyawan swasta, akan tetap mendapatkan haknya dari instansi tempat mereka bekerja.
  • Setelah selesai pelatihan dan dinyatakan lulus, peserta ditetapkan secara resmi sebagai anggota Komcad dan bisa kembali ke profesi awalnya sebagai warga negara sipil.
Baca Juga:   Arditya Abdul Azis Terpilih Aklamasi Pimpin IJTI Kaltim

Seluruh atribut kemiliteran yang digunakan untuk latihan, termasuk senjata, dikembalikan kepada lembaga pendidikan militer masing-masing sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 3 Tahun 2021.

Untuk menjaga kemampuan, TNI akan memanggil anggota Komcad untuk menjalani penyegaran atau pelatihan kembali minimal selama 12 hari dalam setahun.

Tugas Komcad 2024 Matra Darat:

1. Harus selalu siaga jika ada panggilan negara atau panggilan mobilisasi;

2. Setia dan taat pada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

3. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa;

4. Menaati ketentuan peraturan perundang-undangan;

5. Melaksanakan tugas dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran, dan tanggung jawab;

6. Menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan, dan tindakan kepada setiap orang;

7. Mengikuti pelatihan penyegaran; dan

8. Memenuhi panggilan mobilisasi.

Gaji Komcad 2024 Adalah Sebagai berikut:

Mereka yang telah dinyatakan lulus sebagai anggota Komcad akan diberikan uang saku, jaminan asuransi, dan kebutuhan lainya selama pelatihan.

Bila anggota Komcad adalah mahasiswa, mereka tetap memperoleh hak mereka sebagai mahasiswa.

Sesuai pasal 42 Undang-undang Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, anggota Komcad memiliki sejumlah hak, atau gaji yakni:

  • Uang saku selama menjalani pelatihan;
  • Tunjangan operasi pada saat mobilisasi;
  • Rawatan kesehatan;
  • Perlindungan jaminan kecelakaan kerja;
  • dan jaminan kematian;
  • Penghargaan.