Balikpapan

Pohon Pisang Unik di Balikpapan Kaltim, Punya Jantung Bercabang, Warganet Komentar Fix Perempuan

×

Pohon Pisang Unik di Balikpapan Kaltim, Punya Jantung Bercabang, Warganet Komentar Fix Perempuan

Sebarkan artikel ini
PISANG UNIK BALIKPAPAN - Wujud pohon pisang unik ini terekam dalam sebuah video yang dipublikasikan oleh akun Instagram @portalbalikpapan pada Jumat 31 Mei 2024. Pohon pisangnya memiliki jantung bercabang. Jantung pisang adalah satu di antara bagian dari perbungaan jantan pada pohon pisang. (Instagram @portalbalikpapan)

TITIKNOL.ID, BALIKPAPAN – Kali ini ada pohon pisang di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur yang tumbuh secara unik, tidak seperti pada umumnya.

Lantaran sebuah pohon pisang ini memiliki jantung yang bercabang dua. Lumrahnya, jantung pisang hanya satu saja, tidak harus sampai bercabang. 

Namun pohon pisang ini berbeda sekali. Dimana pohon pisang tersebut tumbuh? 

Ya, ini bisa dilihat di daerah Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Wujud pohon pisang unik ini terekam dalam sebuah video yang dipublikasikan oleh akun Instagram @portalbalikpapan pada Jumat 31 Mei 2024. 

Dalam keterangannya tertulis: Fenomena langka pohon pisang satu tandan bertongkol dua. Lokasi di Jalan Mulawarman II, Jalur II A Transad, Balikpapan Utara. Ada yang pernah melihat? 

Postingan tersebut sontak saja mendapat ragam komentar, antara lain ada yang tulis: @hes_lolla Fix dya perempuan. 

Dan ada juga yang berseloroh dengan berkomentar; @ithaadi11_kubar Ini ajaib mas. Langsung pagar buat tarif klo mau liat bayar. Kaya di berita-berita. 

Menyadur dari Deskripsi Pisang: Koleksi Pusat Penelitian Biologi LIP karya Poerba, Y. S., dkk pada September 2018, dijelaskan, jantung pisang adalah satu di antara bagian dari perbungaan jantan pada pohon pisang.

Dijelaskan juga disitu, pada dasarnya, jantung pisang tumbuh dari bunga pisang yang tidak menjadi buah.

Jantung pisang dapat dilihat keberasaannya pada saat panen. Jika pohon pisang memiliki jantung pisang saat panen, maka kondisi perbungaan jantan pada pohon pisang dalam keadaan normal. (*)