News google
Balikpapan

10 Ciri Utama Anak Memiliki Kecerdasan Musik versi Psikolog Pendidikan Anggun Aprilia Eka Putri S.Psi, M.Psi

×

10 Ciri Utama Anak Memiliki Kecerdasan Musik versi Psikolog Pendidikan Anggun Aprilia Eka Putri S.Psi, M.Psi

Sebarkan artikel ini
TUMBUH KEMBANG ANAK - Psikolog Pendidikan dari Biro Piskologi Dinamika Balikpapan, Anggun Aprilia Eka Putri, S.Psi, M.Psi, menyatakan, setiap anak itu memiliki kemampuannya masing-masing. Satu di antaranya bakat pada bidang musik. Orangtua harus bisa deteksi agar anak bisa kreatif, inovatif dan berkembang maju. 

Bagi para orangtua yang anak-anaknya sudah terdeteksi memiliki ciri-ciri kecerdasan musik tersebut untuk segera dikawal, dibina, dan didukung.

TITIKNOL.ID, BALIKPAPAN – Psikolog Pendidikan dari Biro Piskologi Dinamika Balikpapan, Anggun Aprilia Eka Putri, S.Psi, M.Psi, menyatakan, setiap anak itu memiliki kemampuannya masing-masing. Satu di antaranya bakat pada bidang musik. 

Kata Anggun Aprilia Eka Putri, S.Psi, M.Psi, anak yang memiliki bakat di bidang musik bisa dikenali oleh setiap orangtua. 

Karakteristiknya bisa dibaca. Apa saja ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan dalam bidang musik?

Kali ini psikolog pendidikan Anggun Aprilia Eka Putri, S.Psi, M.Psi, memberikan gambaran soal ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan dalam bidang musik. 

Ada 10 Ciri yakni sebagai berikut: 

  • Suka bernyanyi, bersenandung, bersiul, mengetuk-ngetuk dengan kaki dan tangan. 
  • Mudah mengingat melodi suatu lagu
  • Suka sekali mendengarkan lantunan lagu
  • Mudah mengikuti irama musik
  • Gemar memainkan alat musik
  • Peka terhadap nada dan irama
  • Mampu menampilkan dan buat gubahan lagu
  • Gemar mengetukkan jari sesuai irama musik
  • Suka dengan mata pelajaran seni suara
  • Bisa membedakan bunyi dari berbagai alat musik

Karena itu, kata Anggun Aprilia Eka Putri, S.Psi, M.Psi, bagi para orangtua yang anak-anaknya sudah terdeteksi memiliki ciri-ciri kecerdasan musik tersebut untuk segera dikawal, dibina, dan didukung agar di masa mendatang bisa menjadi manfaat bagi dirinya. 

“Bisa jadi profesi, yang bisa hasilkan pendapatan, atau memang jadi hiburan agar hidupnya dinamis dan inovatif,” tutur Anggun Aprilia Eka Putri kepada Titiknol.id pada Minggu (2/6/2024) di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. 

Ada baiknya, anak-anak yang memiliki kecerdasan musik harus disediakan wadah, bukan dihalang-halangi yang bisa mematikan kretivitasnya. 

Bakatnya di musik tapi orangtua tidak dukung, dibilang main musik itu tidak ada guna, nanti anak akan kena dampak. Anak akan tertekan, tidak bisa berkembang bagus.

Baca Juga:   Diduga Ambil Peserta Luar Daerah, 16 Peserta asal Balikpapan Didiskualifikasi di MTQ Kaltim

“Biarkan saja, kalau itu memang yang disukainya. Toh sekarang dunia musik juga bagus, apalagi untuk karir di bidang seni dan hiburan. Bisa menghasilkan. Sudah ada contoh musisi yang sukses, benar-benar biaya hidupnya dari karya musik,” beber Anggun Aprilia Eka Putri, S.Psi, M.Psi. (*)