Balikpapan

2 Jenis Destinasi Wisata Andalan di Balikpapan Kaltim, Upaya untuk Dongkrak Ekonomi Lokal

×

2 Jenis Destinasi Wisata Andalan di Balikpapan Kaltim, Upaya untuk Dongkrak Ekonomi Lokal

Sebarkan artikel ini
WISATA DI BALIKPAPAN - Suasana wisata alam Watu Beach Lamar Balikpapan. investasi dalam infrastruktur acara menjadi kunci penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Balikpapan, Selasa (18/6/2024). (Titiknol.id)

Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies di tahun 2023, tingkat kunjungan di Kalimantan Timur meningkat. Khusus Kota Balikpapan peringkat kedua terbesar

TITIKNOL.ID, BALIKPAPAN – Pariwisata di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, mengalami peningkatan. Lantaran mengandalkan dua destinasi dalam mendongkrak kunjungan wisatawan di Balikpapan. 

Demikian disampaikan oleh Tan Lili, Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies Balikpapan, Selasa (18/6/2024) dikutip oleh Titiknol.id. 

Berdasarkan jenisnya, dua destinasi di Balikpapan ada pariwisata berbasis alam dan destinasi wisata buatan. 

Dua elemen ini menjadi andalan bagi Balikpapan sehingga mampu mendongkrak pariwisata di Balikpapan. 

Berdasarkan catatan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies di tahun 2023, tingkat kunjungan di Kalimantan Timur meningkat. Khusus Kota Balikpapan peringkat kedua terbesar setelah Kota Samarinda. 

Kunjungan wisatawan di Kota Balikpapan angkanya sentuh 2,5 juta orang. 

“Balikpapan terus bergerak maju sebagai kota yang tidak hanya bergantung pada sektor industri, tetapi juga semakin menonjolkan potensi pariwisatanya yang beragam dan menarik,” katanya.

Sebagai contoh untuk wisata berbasis alam di Balikpapan, di antaranya ada Pantai Manggar Segara Sari, Pasar Pringgondani hingga Pantai Watu Lamaru. 

Di Kecamatan Balikpapan Utara saja muncul lokasi wisata baru berbasis alam, di antaranya, Desa Bambu, Bukit Kebo, hingga Wisata Meranti di kilometer 15.

Sementara untuk wisata buatan bisa ditemui di berbagai pusat perbelanjaan yang tawarkan wahana-wahana menarik dan inovatif, tidak membosankan. Menggelar event yang tematik bermuatan seni budaya dari lokal, nasional dan mancanegara. 

Menurut dia, pariwisata di Balikpapan tujuannya bukan saja untuk mempromosikan atau melestarikan budaya lokal, lebih dari ini juga menggairahkan roda ekonomi lokal masyarakat Balikpapan. 

Baca Juga:   Bagi Warga di Balikpapan Kaltim Mau Ikut Komcad? Disediakan Gaji dan Simak Dulu Syaratnya

Hal ini harus sejalan juga dengan peningkatan infrastruktur dan fasilitas sarana prasarana destinasi wisata agar bisa memaksimalkan sektor pariwisata. 

Tentu saja ini akan memperkuat pariwisata Balikpapan hingga menjadi terkemuka di Indonesia Tengah. 

“Investasi dalam infrastruktur acara menjadi kunci penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Balikpapan,” tutur Tan Lili. (*)