Headline

Tahun Ini 20 Ribu ASN Mulai Pindah di IKN Nusantara, 40 Ribu Menyusul Tahun Depan

×

Tahun Ini 20 Ribu ASN Mulai Pindah di IKN Nusantara, 40 Ribu Menyusul Tahun Depan

Sebarkan artikel ini

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menargetkan, tahun ini sebanyak 20 ribu Aparatur Sipil negara (ASN), akan mulai dipindahkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantaram di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menargetkan, tahun ini sebanyak 20 ribu Aparatur Sipil negara (ASN), akan mulai dipindahkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantaram di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, TITIKNOL.ID/HO/IKN NUSANTARA

TITIKNOL.ID– Badan Kepegawaian Negara (BKN) menargetkan, tahun ini sebanyak 20 ribu Aparatur Sipil negara (ASN), akan mulai dipindahkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantaram di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sementara tahun 2023 nanti, akan dilakukan pemindahan 40 ribu ASN di IKN Nusantara

Total ASN yang akan dilakukan pemindahan pada klaster pertama mencapai 60 ribu orang.

Hal ini merupakan pemerintah akan melakukan asesmen klaster pertama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), yang akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara mulai tahun ini hingga tahun depan (2022-2023).

Penilaian dan kompetensi (talent mapping) akan menyasar ASN di sejumlah instansi pemerintah pusat, yakni ASN kementerian/lembaga yang bertugas dan berkantor di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Dalam akun resmi IKN Nusantara disebutkan, BKN melalui Pusat Penilaian Kompetensi ASN menyiapkan dua tahapan utama proses asesmen ASN ke IKN.

Pertama, menyusun dan mengembangkan metode asesmen yang akan digunakan untuk memetakan potensi dan kompetensi ASN.

Kedua, menyiapkan mekanisme pelaksanaan asesmen ASN yang direncanakan akan dilakukan secara bertahap dan terbagi menjadi lima klaster.

Pengembangan instrumen atau alat ukur penilaian kompetensi diharapkan selesai pada September 2022.

Untuk asesmen klaster pertama BKN menargetkan 60.000 ASN, meliputi 20.000 ASN di tahun 2022 dan 40.000 ASN di tahun 2023.(*)