Headline

Kepala Otorita Sebut Arab Saudi dan Rusia Berminat Investasi di IKN Nusantara

×

Kepala Otorita Sebut Arab Saudi dan Rusia Berminat Investasi di IKN Nusantara

Sebarkan artikel ini

Sejumlah negara sangat mempercayai Indonesia dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)

Sejumlah negara sudah menyatakan keinginan untuk investasi di IKN Nusantara-TITIKNOL.ID/HO

TITIKNOL.ID– Sejumlah negara sangat mempercayai Indonesia dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Bahkan sejumlah negara sudah menyatakan keinginan untuk melakukan investasi di IKN Nusantara nantinya.

Hal ini membuktikan bahwa kepercayaan internasional begitu tinggi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara

“Kami menerima begitu banyak interest (untuk berinvestasi) dari berbagai negara besar seperti Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Amerika, hampir semua menyatakan minat untuk membangun Nusantara,” ungkap Kepala Otorita IKN Bambang Susantono seperti dikutip di laman akun IKN Nusantara, Minggu (31/7/2022).

Bambang menjelaskan banyaknya minat investasi dari berbagai negara menunjukkan bahwa IKN merupakan proyek yang memiliki prospek.

“Adanya international interest ini menunjukkan bahwa dunia internasional melihat proyek Ibu Kota Baru sebagai sesuatu yang on the go,” ujarnya.

Selain investor luar negeri, ia juga mengundang investor domestik untuk mendukung pembangunan IKN.

Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan proses penjajakan pasar yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Rencananya siap akhir Agustus dan awal September akan dilakukan. Bapak Presiden sendiri ingin juga menawarkan market sounding ini nantinya,” pungkas Bambang.

Presiden Tawarkan IKN Nusantara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus melakukan upaya menarik investor luar, untuk membantu pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Bahkan Presiden Jokowi melakukan lawatan ke Jepang dengan bertemu dengan sejumlah pimpinan perusahaan.

Bahkan pada Rabu (27/7/2022) kemarin, Jokowi menggelar pertemuan dengan sejumlah CEO perusahaan Jepang di Imperial Hotel di Tokyo pada Rabu, 27 Juli 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu tempat investasi terbaik.

Apalagi, situasi politik di Indonesia juga stabil di samping pertumbuhan ekonomi yang cukup baik pascapandemi.

Baca Juga:   Dana Transfer Pusat Kurang, Tunggakan Tukin ASN di PPU Baru Dibayar Awal September

Presiden juga menawarkan peluang investasi di Ibu Kota Nusantara yang akan dibangun di Kalimantan Timur.

“Saat ini juga kita sedang memulai membangun ibu kota baru atau IKN di mana banyak sekali peluang investasi, mulai dari infrastruktur, teknologi untuk membangun smart city, dan lain-lainnya,” ujar Jokowi seperti dilansir dari laman resmi Kemensetneg.

Dikutip dari akun IKN Nusantara, Presiden pun meminta kepada para CEO agar menghubungi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia jika mengalami kendala dalam berinvestasi di Indonesia.

“Para CEO silakan minta nomor HP-nya Menteri Investasi, ini penting. Jika ada masalah bisa langsung berhubungan dengan Menteri Investasi. Jika tidak bisa selesai di Menteri Investasi, silakan hubungi saya,” imbuhnya.

Adapun para CEO yang hadir yaitu CEO Toyota Motor Corp Akio Toyoda, CEO Sojitz Corp Masayoshi Fujimoto, CEO Mitsubishi Corp Katsuya Nakanishi, CEO Mitsubishi Motors Corp Takao Kato, CEO Mitsubishi Chemical Corp Jean-Marc Gilson.

Selain itu, juga hadir CEO Denso Corp Koji Arima, CEO Toyota Tsusho Ichiro Kashitani, Vice President Sharp Corp Masahiro Okitsu, Vice President Inpex Corp Kenji Kawano, dan Vice President Kansai Electric Power Matsumura Mikio. (*)