Ketua DPRD Samarinda: Santri Kunci Penjaga Keberagaman dan Toleransi

TITIKNOL.ID, SAMARINDA – Ketua DPRD Kota Samarinda, Sugiyono, menekankan pentingnya peran santri dalam pembangunan bangsa dan masyarakat Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Sugiyono dalam upacara peringatan Hari Santri yang digelar di Kompleks LP Ma’arif NU Kelurahan Sindang Sari, Minggu (22/10).

Sugiyono mengatakan, santri memiliki peran penting dalam menjaga keberagaman dan toleransi antarumat beragama di Indonesia. Hal ini karena santri dikenal memiliki disiplin tinggi dan pemahaman mendalam mengenai nilai-nilai moral, budaya, serta sejarah yang menjadi inti dari budaya Indonesia.

“Santri bukan hanya mempelajari agama, tetapi juga menjadi pelindung nilai-nilai luhur budaya kita. Mereka adalah pelopor dalam mempromosikan perdamaian, toleransi, dan persaudaraan di tengah masyarakat,” ujar Sugiyono.

Sugiyono mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung peran serta santri dalam pembangunan bangsa. Dia menekankan bahwa semangat pendidikan dan moral yang dibawa oleh para santri merupakan fondasi utama dalam membentuk masyarakat yang adil, berakhlak, dan beradab.

Acara peringatan Hari Santri tersebut juga dihadiri oleh berbagai tokoh penting di Samarinda, di antaranya adalah Rois Suriyah PC NU Kita Samarinda Dr. KH. Mahrus, MWC NU Kecamatan Sambutan, serta berbagai pejabat dari Kecamatan Sambutan dan Kelurahan Sindang Sari.

Dr. KH. Mahrus menambahkan, “Hari Santri harus menjadi momentum bagi kita semua untuk menghargai peran serta mereka dalam menjaga kerukunan dan keberagaman di Indonesia. Semangat mereka dalam menuntut ilmu harus menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya.”

Pentingnya peran santri dalam masyarakat menjadi semakin krusial mengingat Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang sangat kaya. Dalam memperingati Hari Santri, masyarakat diharapkan dapat lebih menghargai dan mendukung peran serta santri dalam menjaga keharmonisan di Indonesia. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *