Balikpapan

3 Korban Tewas Selama Operasi Ketupat Mahakam, Turun Dibandingkan Jumlah Lakalantas Tahun Lalu

×

3 Korban Tewas Selama Operasi Ketupat Mahakam, Turun Dibandingkan Jumlah Lakalantas Tahun Lalu

Sebarkan artikel ini

Tercatat 16 kecelakaan dengan 3 korban jiwa, sedangkan pada periode yang sama tahun sebelumnya terjadi 21 kecelakaan dengan 6 korban jiwa

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Artanto saat menggelar jumpa pers. TITIKNOL.ID/HO/POLDA KALTIM

TITIKNOL.ID,BALIKPAPAN — Jumlah kecelakaan lalulintas selama Operasi Ketupat Mahakam 2024 di Kalimantan Timur mengalami penurunan dibandingkan tahun 2023 lalu.

Tercatat 16 kecelakaan dengan 3 korban jiwa, sedangkan pada periode yang sama tahun sebelumnya terjadi 21 kecelakaan dengan 6 korban jiwa.

Hal ini diungkapkan  Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Artanto.

Ia mengatakan, selama Operasi Ketupat Mahakam 2024, terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas dan kerawanan Kamtibmas di wilayah hukum Polda Kaltim.

 Pada tahun ini, tercatat 16 kecelakaan dengan 3 korban jiwa, sedangkan pada periode yang sama tahun sebelumnya terjadi 21 kecelakaan dengan 6 korban jiwa.

Ia  menyampaikan penurunan angka kecelakaan karena kerja keras para personel Dit Lantas Polda Kaltim yang memberikan sosialisasi dan pemetaan pada daerah rawan laka lantas.

“Selain itu, kepatuhan masyarakat dalam berkendara dan menaati rambu lalu lintas juga berkontribusi pada penurunan angka kecelakaan,” katanya.

Dalam hal penindakan pelanggaran lalu lintas, Polda Kaltim dan Polres jajaran memberlakukan tilang sebanyak 199 kali dan teguran humanis sebanyak 2.583 kali selama Operasi Ketupat Mahakam berlangsung.

Selain itu, data Kamtibmas di Kaltim menunjukkan kasus kejahatan konvensional sebanyak 97 kasus sedangkan kejahatan trans nasional sebanyak 16 kasus.

Selama pelaksanaan Operasi Ketupat Mahakam 2024, Masyarakat yang menggunakan transportasi darat mengalami kenaikan sebanyak 1.517 (20%) penumpang yang berangkat dan 513 (5 %) penumpang yang datang.

Penumpang yang melalui Bandara mengalami kenaikan, untuk keberangkatan di angka 28.886 (29%) dan kedatangan di angka 65.265 (120%).

Dengan berakhirnya Operasi Ketupat Mahakam 2024, diharapkan angka kecelakaan lalu lintas dan kejahatan Kamtibmas dapat terus menurun, terutama dalam perayaan Idul Fitri mendatang.

Baca Juga:   Cegah Penimbunan BBM Jelang Idul Fitri, Tim Gabungan Sidak SPBU di Balikpapan

“Polda Kaltim menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang turut menyukseskan kegiatan arus mudik balik lebaran 2024 hingga lancar dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif diwilayah masing-masing.,” pungkas Kombes Pol. Artanto(*)